Pengantar Penggunaan Internet dan Penerapannya

Pada era globalisasi ini banyak sekali perkembangan teknologi informasi, internet dan komunikasi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi ini dapat digunakan dalam berbagai macam bidang, yaitu dalam bidang kesehatan seperti halnya teknologi-teknologi yang digunakan pada peralatan rumah sakit dan teknologi internet yang digunakan di website rumah sakit tersebut untuk mengecek data-data pasien, riwayat penyakit, dll, dalam bidang pendidikan teknologi digunakan untuk mengecek akademik mahasiswa, jadwal perkuliahan, data-data mahasiswa dan dosen pada studentsite, vclass, dan dalam bidang hiburan teknologi penggunaan internet dan media berkembang sangat pesat, seperti contohnya sekarang sudah ada Virtual Reality Games, 360 Games, dan yang lainnya. 

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan perkembangan dan pemanfaat Teknologi Internet yang diaplikasikan pada bidang Hiburan.

Adapun penerapan teknologi nya dalam bidang hiburan adalah:

  • Dalam dunia pertelevisian dan perfilman, komputer digunakan untuk permbuatan film yang memerlukan animasi khusus seperti kartun.
  • Dalam bidang hiburan (Games), untuk mengisi senggang waktu untuk melatih otak
  • Dalam bidang rekaman, dengan menggunakan komputer kita akan menghasilkan hasil rekaman yang lebih baik. Kita juga dapat mengatur atau mengeditnya, seperti mengatur suara yang kita inginkan

Kendala – kendala Penerapan TIK di Dunia Hiburan
Kendala Teknologi Internet dan Komunikasi di dalam kontribusinya memberikan dukungan kepada berbagai sektor kehidupan masyarakat berupa peningkatan efisiensi serta produktivitas sudah banyak disajikan di berbagai pola. Pada umumnya studi tentang kendala Teknologi Internet dan Komunikasi di dalam organisasi difokuskan pada persoalan teknis seperti bagaimana memperbaiki kinerja operasional, atau bagaimana Teknologi Internet dan Komunikasi digunakan sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan, media penyampaian informasi secara aktual, serta penerapan pada dunia hiburan.

Kajian yang lebih luas seperti misalnya bagaimana dampak sosial dari perkembangan Teknologi Internet dan Komunikasi yang sedemikian hebat selama dua dekade terakhir ini relatif masih sedikit dilakukan. Dalam lingkungan sosial yang selalu berubah, terdapat setidaknya dua faktor yang memperngaruhi perubahan sosial itu sendiri: pelaku perubahan dan mereka yang terkena dampak perubahan.

Dalam kaitan ini TIK dapat berperan dalam dua posisi sekaligus, sebagai aktor (means) pengubah dan sekaligus sebagai sasaran (ends) dari perubahan yang ingin dicapai. Naskah singkat ini dimaksudkan untuk memberi gambaran hubungan sebab akibat kendala TIK dalam konteks perubahan sosial kemasyarakatan.

Internet Sebagai Sarana Teknologi Internet dan Komputer di dunia hiburan
Teknologi internet hadir sebagai media atau sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (contohnya seperti e-mail dan chatting).

Manfaat Internet sebagai media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya dunia hiburan, di Indonesia khususnya. 

Berdasarkan hal tersebut, internet sebagai sarana di bidang hiburan mempunyai karakteristik yang khas, yaitu:
  • Sebagai media interpersonal dan massa
  • Bersifat interaktif
  • Memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron

Karakteristik ini memungkinkan masyarakat melakukan komunikasi dengan sumber atau penyedia layanan hiburan secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.

Dampak positif penerapan Teknologi Internet dan Komputer pada bidang Hiburan

Pemanfaatannya dalam dunia hiburan, dapat mengatasi masalah sebagai berikut:
  • Mengurangi ketertinggalan dalam pemanfaatan Teknologi Internet dan Komputer dalam pendidikan dibandingkan dengan negara berkembang dan negara maju lainnya.
  • Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Penggunaan komputer di dunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi.
  • Bidang Industri Perfilman, Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyutingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
  • Paket-paket aplikasi untuk animasi dan efek merupakan program-program yang sering digunakan dalam pembuatan animasi dan efek-efek tersebut
  • Dalam bidang permainan, penggunaan komputer digunakan untuk mengisi waktu senggang dengan program-program permainan (game) yang bermacam-macam.
  • Saat ini program-program permainan game telah dibuat dan banyak ditemui di pasaran dengan berbagai permainan.
  • Rutinitas yang tiada henti membuat kita membutuhkan hiburan, hiburan dapat kita lakukan dimana saja begitupula di internet, Bidang ini sangat bergantung pada komputer. Dengan kemajuan TIK, kita dapat menonton siaran dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
  • Bidang Industri Rekaman, Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunya pun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

Dampak negatif perkembangan Teknologi Internet dan Komputer:
  • Pornografi

Anggapan yang mengatakan bahwa Internet dan TV identik dengan pornografi memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki Internet dan TV, pornografi pun merajalela.

  • Penipuan

Penipuan dengan  memanfaatkan TIK makin banyak ditemukan. Internet pun tidak luput dari serangan para penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan informasi yang diragukan kebenarannya atau mengkonfirmasi informasi yang kamu dapatkan pada penyedia informasi tersebut misalnya pada bidang TV, Radio, dll yang tiba-tiba mengadakan suatu kuis yang berhadiah jutaan akibatnya khalayak ramai setidaknya akan tertarik dan akan mengikutinya setelah dinyatakan ada pemenang akan di kenakan biaya yang telah di tetapkan oleh para penipu.

  • Tayangan Kekerasan

Tayangan kekerasan sering digunakan TV ataupun internet untuk menghibur para masyarakat. Banyak situs-situs di internet yang sengaja menampilkan hal-hal yang bersifat tabu. Tv pun tidak ingin kalah,mereka memanfaatkan perkembangan TIK untuk menerima siaran yang menampilkan kekerasan dan menyiarkannya.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Teknologi Informasi Dengan Baik?
https://www.youtube.com/watch?v=RuRUuS5v3-c

Internet: Pengantar Teknologi Internet dan Informasi


Source:
http://mzalfaa.blog.st3telkom.ac.id/2015/11/30/peranan-teknologi-informasi-terhadap-media-hiburan/
https://www.youtube.com/watch?v=RuRUuS5v3-c
https://www.youtube.com/watch?v=qo66sabjsdo


Comments